Peneliti Senior Batan Akui Keunggulan Desain Pembangkit Thorcon

SINDONEWS.COMJAKARTA РPeneliti Senior Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Tagor Malam Sembiring memberikan pengakuan atas keunggulan Pembangkit Thorcon TMSR500. Dia menilai desain Thorcon akan menghasilkan listrik yang murah dan rencana Thorcon melalui implementasi 2 tahap pun sangat terstruktur dan ilmiah sehingga dapat menekan ketidakpastian serta meningkatkan keyakinan baik bagi regulator nuklir maupun pemerintah.

Hal itu disampaikan Tagor pada acara Workshop Pengenalan Desain dan Sistem Keselamatan Pembangkit Thorcon TMSR500 di PLN Puslitbang Duren Tiga, Jakarta. Tagor memberikan pelatihan pengetahuan nuklir serta pengenalan desain TMSR500 kepada jajaran PT PLN (Persero) dan anak perusahaan yang juga dihadiri pula oleh peserta dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Tagor menjelaskan, implementasi dua tahap dalam rencana Thorcon terdiri dari Tahap Pengembangan (dua tahun) dan Tahap Pembangunan/Konstruksi-Komisioning (lima tahun). Bagian terpenting dari tahapan pengembangan tersebut menurutnya adalah fasilitas uji-coba non-fisi yang disebut non-fission test bed platform.

“Dengan membangun non-fission test bed platform, apabila lolos semua uji dapat dikatakan bahwa desain Thorcon telah 85% proven, maka tidak akan seperti membeli kucing dalam karung, apalagi tanpa APBN maka tidak ada risiko bagi pemerintah,” ungkap Tagor dalam keterangan tertulis, Rabu (21/11/2019).

Menurut Tagor, melalui non-fission test bed platform ini, panas dihasilkan tanpa reaksi nuklir melalui sistem pemanasan heater listrik untuk melakukan pengujian sistem keselamatan dan sistem termohydrolic, sehingga fasilitas tersebut sangat aman untuk dibangun karena tidak adanya radiasi yang dihasilkan. 

Dia juga menyatakan bahwa melalui test bed platform banyak jenis eksperimen dapat dilakukan, termasuk juga skenario kejadian Fukushima. Hal ini akan membuktikan bagaimana TMSR memiliki kriteria walk away safety atau dengan kata lain memiliki keselamatan yang tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.