PLN Thorcon Bangun Pembangkit Tenaga Thorium

INFOBISNIS.COM – Thorcon International bersama PT PLN (Persero) berencana melakukan studi persiapan implementasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT) setelah sebelumnya perusahaan perancang reaktor dari Amerika Serikat tersebut mendapatkan kesepakatan melanjutkan kerjasama dari Kementerian ESDM.

Studi yang diharapkan rampung pada pertengahan tahun depan tersebut akan membahas banyak aspek. Khususnya fokus terhadap studi tapak yang akan melibatkan para pemangku kepentingan atau stakeholders nuklir dan skema bisnis (B2B).

“Dalam hal ini, Thorcon akan melakukan investasi dengan nilai Rp17 triliun,” kata Kepala Perwakilan Thorcon International Pte Ltd di Indonesia, Bob Effendi dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat.

Menurut Bob Effendi, dalam studi ini akan dilakukan kajian apakah Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT) selain bebas emisi, juga dapat memberikan solusi yang ideal dalam mengurangi pengunaan batubara yang selama ini dominan untuk digunakan sebagai bahan bakar PLTU. Hal ini sejalan dengan komitmen dunia untuk menurunkan emisi, di mana target PLTU batubara sudah harus dikurangi setelah tahun 2030.

Saat ini cadangan batubara pun sudah berkurang, maka sudah waktunya direncanakan dan dipersiapkan sumber energi bersih yang dapat menggantikan peran batubara, katanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.