Thorcon Berpotensi Menjadi PLTN Pertama di Indonesia

RUANGENERGI.COM – Jakarta– Chief Representative Thorcon International Bob Sulaiman Effendi menjadi narasumber dalam acara National Energy Week (NEW) yang diselenggarakan oleh Komunitas Migas Indonesia chapter Rusia dan Eropa Timur (KMI-RET), Sabtu, 13 Maret 2021 mengungkapkan oprimismenya PLT Thorium akan terwujud di Indonesia.

Bob menjelaskan, akhirnya setelah empat tahun,  Kepala Pusat Energi Nuklir Batan,  Suparman menyatakan bahwa Batan siap bekerjasama dengan Thorcon dalam hal penelitian dan pengembangan(litbang).

“Momentumnya sangat tepat mengingat Thorcon dalam persiapan untuk melakukan litbang Molten Salt Fuel dengan ITB sehingga dapat melibatkan Batan”, ujar Bob S.Effendi(13/3/21)

Dalam diskusi panel sesi ke 2 “Progress PLTN di Indonesia” tampil sebagai pembicara; Suparman – Kepala Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir Batan;
H. Kurtubi, Se., M.Sp., M.Sc. – Direktur Center for Petroleum and Energy Economics (CPEES) dan Bob Sulaiman Effendi – Kepala Perwakilan Thorcon Indonesia
Dengan moderator : Pasha Aulia – Bachelor Student in Political Science HSE University Petersburg

Menurut Bob, waktu paparan yang sangat singkat menyebabkan tidak banyak materi yang bisa di diskusikan.

Sebagai perwakilan dari Thorcon International, pihaknya menyampaikan 4 hal, sebagai berikut:

1.Bahwa tidak ada regulasi yang melarang pembangunan PLTN

2.Pembangunan PLTN sudah mendesak menggantikan energi primer yang sudah mulai habis

3.Informasi yang di dapat masyarakat umum tentang PLTN hampir 95% salah atau mispersepsi.

4. Bahwa Thorcon adalah satu-satunya Perusahaan Nuklir yang memenuhi harapan Pemerintah dan yang berpotensi menjadi PLTN pertama di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.